www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
TNI-Polri Siaga Tujuh Hari, Besok Pelantikan Presiden dan Wapres 2024
Sabtu, 19 Oktober 2024 - 11:46:55 WIB
TERKAIT:
   
 

JAKARTA (BabadNews)  - Sebanyak 24.200 pasukan di­siapkan dalam apel pengama­nan persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 di Lapangan Monas, Jumat (18/10). Ribuan pasukan itu disiagakan dalam pengamanan selama tujuh hari penuh. Terutama di Jakarta, tempat Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik, Ahad (20/10) besok.

Apel tersebut dipimpin Pang­lima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Keduanya berkeliling memutari pasukan bersiap di Monas, Jumat (18/10) pukul 08.00 WIB. Pasukan itu disiagakan sejak 17 Oktober hingga 23 Oktober.

’’Mitigasi terus dilakukan sebelum, saat pelaksanaan, dan setelah kegiatan pelantikan. Kami akan berkoordinasi dengan Polri dan intelijen untuk pengamanan ini,’’ ucap Agus. Secara keseluruhan untuk mendukung kelancaran pelantikan, TNI menyiapkan 100 ribu pasukan.

Khusus untuk di Jakarta, pengamanan akan diperketat. Untuk wilayah Ring 1 akan ditangani oleh Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone. Sementara Ring 2 dan 3 akan ditangani bersama antara TNI dan Kepolisian.

Agus juga memastikan satuan Siber TNI juga bergerak untuk melakukan pemantauan. Terutama untuk antisipasi potensi ancaman menjelang pelantikan. ’’Kami akan berkoordinasi dengan Polri bersama Kementerian,’’ terangnya.

Sementara itu, Kapolri menyatakan, akan disiagakan 15 ribu personel kepolisian di Jakarta. Polri akan membagi delapan satgas untuk proses pengamanan pelantikan presiden ini. ’’Akan disiapkan di titik-titik masing-masing,’’ kata Sigit.

Salah satu peran Satgas nantinya akan mengantisipasi potensi masyarakat yang akan ikut dan menyambut acara pelantikan. Fokus pada rekayasa lalu lintas akan menjadi prioritas di wilayah yang bakal banyak dipadati masyarakat.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menambahkan pihaknya akan melakukan upaya antisipasi di beberapa titik jalan. Khususnya untuk iring-iringan pelantikan Presiden dari gedung DPR RI ke Istana Presiden.Sementara untuk rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional. ’’Akan ada pengalihan lalu lintas jika ada kepadatan,’’ katanya.

Pelajar Diarahkan Sambut Pulangnya Jokowi

Sementara itu, Joko Widodo (Jokowi) yang akan mengakhiri jabatan Presiden, berencana akan kembali ke Solo. Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Ahad (20/10) besok. Dari bandara, Jokowi akan menuju rumah pribadi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Kepala Disdikbud Karanganyar Agam Bintoro menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Korem 074/Warastratama guna mempersiapkan penyambutan Jokowi dan Iriana Jokowi.

’’Pada rapat tersebut, kami diminta menyiapkan pelajar SMP di wilayah Kecamatan Colomadu untuk ikut serta dalam penyambutan kepulangan Pak Jokowi,’’ terang Bintoro kemarin (18/10). ’’Hanya pelajar SMP yang dilibatkan, sedangkan untuk tingkat SMA/SMK akan dikoordinasikan oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah,’’ lanjutnya.

Informasi yang dihimpun JPG, Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Adi Soemarmo besok sekitar pukul 16.00 WIB menggunakan pesawat komersial. Setiba di bandara, Jokowi akan dijemput menggunakan kereta kencana menuju kediamannya di Sumber.

Ratusan pelajar SMP di Colomadu akan menyambut Jokowi dari Jembatan Kali Pepe hingga Makutoromo. Penyambutan ini akan dimeriahkan dengan panggung kesenian yang digelar di tiga titik. Yakni, kawasan Museum De Tjolomadoe, Hotel Ramada, dan depan Hotel Alana.

Terpisah, Pemkot Surakarta bakal menyiapkan berbagai ucapan terima kasih melalui beberapa sarana. Misalnya, videotron dan baliho di berbagai titik jalan. Kemudian, acara penyambutan juga dipersiapkan di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara, Sumber.

’’Ini masih dikonfirmasi dengan protokoler istana. Di rumah, rencananya sederhana saja,’’ kata Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Solo Dhoni Widianto.

Selanjutnya, ada prosesi pasrah tinampi. Prosesi dan penyerahan itu akan dilakukan lurah dan camat setempat kepada Jokowi dan Iriana. Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah rangkaian seremoni penyambutan itu akan dilengkapi dengan seni tradisional.

’’Dress code nanti dibahas lagi. Besok (hari ini, red) kan masih ada rapat lagi setelah mendapat kepastian dari protokol istana. Kami tunggu teknisnya sesudah finalisasi,’’ katanya.(elo/rud/wa/ves/c19/bay/das)

Sumber: Riaupos.com




 
Berita Lainnya :
  • Atasi Banjir Kota Pekanbaru, Abdul Wahid Rencana Terapkan Konsep Sponge City
  • Pendidikan Budaya dan Lingkungan Mandek, Abdul Wahid Tawarkan Solusi
  • Penerima Manfaat Santunan Kematian dari Pemko Pekanbaru Tahun Ini Sudah 860 Ahli Waris
  • Akhirnya Raffi Ahmad, Gus Miftah hingga Zita Anjani Dilantik Prabowo, Ada 7 Utusan Khusus Presiden dengan Tugas Berikut
  • Masyarakat Nias di Minas Kumpulkan Donasi Bantu Dr Afni Jadi Bupati, Suasana Jadi Haru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai Bangun Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Tim Basket Putri SMA 1 Kampar Berhasil Melaju ke Babak Kedua, Usai Kalahkan SMA 1 Tandun
    9 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers