www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
Tentara Israel Serbu RS dengan Menyamar Jadi Wanita Berjilbab
Rabu, 31 Januari 2024 - 20:15:04 WIB
TERKAIT:
   
 

babadnews.com TEPI BARAT – Tentara zionis Israel menyerbu rumah sakit (RS) di Jenin, Tepi Barat, Palestina, Selasa (30/1/2024), dengan cara menyamar sebagai wanita memakai jilbab dan petugas medis.

Dikutip dari Tribunnews.com yang melansir Russia Today, dalam rekaman CCTV penggerebekan yang beredar di media sosial, yang belum diverifikasi secara independen, tampak beberapa tentara yang menyamar, termasuk tiga orang berpakaian seperti wanita dan dua orang menyamar sebagai petugas medis, membawa senapan di koridor rumah sakit.

Tentara negara Yahudi itu terlihat menggeledah seorang pria yang sedang berlutut di dinding, sebelum mereka tampak meletakkan tas di atas kepalanya.

Dalam penyerbuan tersebut, tiga orang tewas, termasuk satu orang yang dituduh Israel merencanakan serangan dalam waktu dekat.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan pasukan Israel telah membunuh tiga orang di Rumah Sakit Ibnu Sina di Jenin, dan menyerukan masyarakat internasional untuk mengutuk operasi semacam itu yang terjadi di fasilitas kesehatan.

Namun Israel mengatakan ketiga orang yang tewas tersebut adalah militan Palestina yang menggunakan rumah sakit tersebut sebagai tempat persembunyian.

Salah satu korban tewas, yang diidentifikasi oleh militer sebagai Mohammed Jalamneh, telah merencanakan “serangan yang terinspirasi oleh pembantaian 7 Oktober (2023),” kata para pejabat Israel.

Hamas membenarkan bahwa Jalamneh adalah salah satu anggotanya. Brigade Jenin, yang mencakup sejumlah kelompok perlawanan bersenjata Palestina, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dua dari tiga pria tersebut adalah anggota Jihad Islam.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan lebih dari 26.000 orang, sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas dalam pemboman Israel terhadap wilayah kantong pantai yang terkepung.

Kekerasan, yang menimbulkan kekhawatiran akan krisis yang lebih luas di Timur Tengah, juga meluas ke Tepi Barat meskipun Israel memusatkan respons militernya di Gaza.

Hamas mengatakan, salah satu dari mereka yang tewas di rumah sakit adalah anggota kelompok tersebut, sementara faksi paramiliter Jihad Islam mengklaim dua orang lainnya yang meninggal adalah anggota organisasi tersebut, dan menambahkan bahwa mereka adalah saudara.

Kementerian Kesehatan Otoritas Palestina menggambarkan serangan hari Selasa itu sebagai “pembantaian baru di dalam rumah sakit” yang dilakukan Israel, yang mengklaim bahwa Hamas menggunakan fasilitas kesehatan untuk menyembunyikan militan dan senjata di terowongan bawah tanah.

“Ini adalah contoh lain dari penggunaan sinis wilayah sipil dan rumah sakit sebagai tempat berlindung dan perisai manusia oleh organisasi teroris,” kata militer Israel.

Israel telah menerima kritik dari masyarakat internasional atas penggerebekannya terhadap rumah sakit di Gaza, operasi yang memperburuk sistem layanan kesehatan yang sudah lemah dan berada di ambang kehancuran.

Sementara Al Jazeera, melaporkan kekejaman Israel dari Ramallah di Tepi Barat yang diduduki. “Orang hanya bisa membayangkan teror terhadap pasien dan staf di rumah sakit di Jenin,” demikian tulis Al Jazeera.

“Ini hanyalah contoh lain betapa tekadnya tentara Israel untuk terus melakukan serangan ketika mereka menargetkan pejuang perlawanan bersenjata di seluruh wilayah pendudukan Palestina,” tambahnya.

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “kejahatan tentara Israel tidak akan dibiarkan begitu saja”, dan menambahkan bahwa pembunuhan tersebut adalah “kelanjutan dari kejahatan pendudukan yang sedang berlangsung terhadap rakyat kami dari Gaza hingga Jenin”.

Salah satu pria terluka dan terbaring di tempat tidur ketika dia dibunuh, kata kelompok bersenjata Palestina.

Basil terluka oleh pecahan rudal menyusul serangan pesawat tak berawak Israel pada 25 Oktober yang menargetkan sekelompok pria di dekat pemakaman kamp Jenin dan telah menerima perawatan di rumah sakit selama tiga bulan, menurut sumber Al Jazeera.

Kementerian Luar Negeri Palestina mengutuk keras pembunuhan tiga pemuda oleh pasukan pendudukan.

Kerumunan memadati jalan-jalan Jenin saat upacara pemakaman ketiga pria tersebut sedang berlangsung. Mereka akan dimakamkan di pemakaman di kamp pengungsi Jenin.

Ibu dari Ghazawi bersaudara ini mengatakan, keduanya disayangi semua orang. “Terakhir kali saya melihat mereka adalah kemarin malam. Saya berada di rumah sakit,” katanya dalam video yang direkam oleh media lokal, menambahkan bahwa dia pulang ke rumah karena Mohammad mengatakan dia akan tinggal bersama Basil.

“Saya masih terbangun pagi ini ketika saya mendengar pasukan khusus menggerebek rumah sakit. Mereka dibunuh saat mereka sedang tidur.”***

sumber : goriau




 
Berita Lainnya :
  • Kampanye di Bukit Batu Bengkalis, Abdul Wahid Komit Membuat Jembatan Pakning Bengkalis
  • Jangan Jelekkan Paslon Lain di Pilkada 2024, Polda Riau Terus Intai Para Pelaku Black Campaign
  • Sejumlah Produk Jamu Bermerek Tawon Klanceng Disita BBPOM Pekanbaru
  • Rp1,4 T BKK Desa Sudah Disalurkan
  • 4.737 Pelamar CPNS Kampar Akan Ikuti CAT SKD, Diharapkan Hadir Satu Setengah Jam Sebelum Ujian
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Tim Basket Putri SMA 1 Kampar Berhasil Melaju ke Babak Kedua, Usai Kalahkan SMA 1 Tandun
    9 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers