www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
Jaksa Penyidik bidang Pidsus Kejati Riau Rampung Penyidikan Kasus Suap Pasutri Polisi-Jaksa
Rabu, 24 Januari 2024 - 10:49:44 WIB
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU (BABADNEWS) - Jaksa penyidik Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau telah merampungkan penyidikan suap kasus narkoba pasangan suami istri polisi-jaksa berinisial Bripka BA dan SH. Berkas perkara akan dilimpahkan ke Jaksa Peneliti.

Ketika kasus terjadi, SH bertugas di Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis. Ia menerima suap dari terdakwa narkoba, Fauzan Afriansyah alias Vincent alias Dodo alias Doni.

Uang suap sebesar Rp999 juta diberikan melalui suaminya, BA, yang bertugas di Polres Bengkalis. Suap diberikan ketika kasus bergulir di Pengadilan Negeri Bengkalis, dan SH selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU), Fauzan.

SH dan BA ditetapkan tersangka pada Senin (20/11/2023). Untuk kelancaran proses penyidikan, BA saat ini ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Polda Riau sedangkan SH jadi tahanan rumah karena dalam kondisi hamil.

Seiring prosesnya, berkas kedua tersangka sudah lengkap. "Saat ini lagi persiapan berkas tahap 1 (penyerahan ke jaksa peneliti). Lagi persiapan penjilatan," ujar Asisten Pidsus Kejati Riau, Imran Yusuf, Selasa (23/1/2024).

Imran menyatakan, pihaknya akan segera menyerahkan berkas perkara tersebut ke Jaksa Peneliti untuk ditelaah kelengkapan formil dan materilnya. "Minggu depan Insya Allah diserahkan ke Jaksa Penelit," kata Imran.

Dalam perkara ini, jaksa penyidik Pidsus Kejati Riau juga menetapkan perantara suap berinisial K alias Riko sebagai tersangka. Berkas perkaranya telah dimyatakan lengkap atau P-21 dan diserahkan ke JPU.


Informasi dihimpun, suap bermula saat JPU menerima pelimpahan penanganan perkara narkotika dengan terdakwa Fauzan Afriansyah dari penyidik Mabes Polri. Tahap II dilakukan pada 17 Januari 2023, di mana salah satu JPU adalah SH.

Dalam rentang waktu Januari sampai awal Maret 2023, keluarga terdakwa Fauzan yaitu Riko, dan E istri terdakwa Fauzan serta Agung datang ke Bengkalis menemui SH dan BA. Mereka untuk meminta tolong agar hukuman terdakwa Fauzan diringankan.

Kemudian sepengetahuan SH, suaminya BA meminta Riko mengirim uang ke rekening anggotanya. Pada 7 Maret 2023, Riko mentransfer uang sebesar Rp299.600.000.

Beberapa hari kemudian, BA menerima lagi secara tunai uang dari adiknya Fauzan atas nama A alias Bungsu, yakni sebesar Rp190 juta.

Tidak hanya itu, BA kembali meminta uang kepada A dan E sebesar Rp200 juta, dan pada tanggal 30 Maret ditransfer ke anggotanya BA sebesar Rp150 juta.

Terakhir, pada tanggal 11 April 2023, A dan E kembali kirim uang ke BA sebesar Rp.360 juta melalui rekening yang sama. Total uang yang sudah diterima BA adalah sebesar Rp999.600.000.

BA dan SH disangkakan melanggar Pasal 12 huruf (a) atau Pasal 12 huruf (b) atau Pasal 11 atau Pasal 5 ayat (2) Undang-undang (UU) RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP.

Sumber : Cakaplah.com




 
Berita Lainnya :
  • Kampanye di Bukit Batu Bengkalis, Abdul Wahid Komit Membuat Jembatan Pakning Bengkalis
  • Jangan Jelekkan Paslon Lain di Pilkada 2024, Polda Riau Terus Intai Para Pelaku Black Campaign
  • Sejumlah Produk Jamu Bermerek Tawon Klanceng Disita BBPOM Pekanbaru
  • Rp1,4 T BKK Desa Sudah Disalurkan
  • 4.737 Pelamar CPNS Kampar Akan Ikuti CAT SKD, Diharapkan Hadir Satu Setengah Jam Sebelum Ujian
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Tim Basket Putri SMA 1 Kampar Berhasil Melaju ke Babak Kedua, Usai Kalahkan SMA 1 Tandun
    9 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers