www.babadnews.com
Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
Sepanjang 2023 kemarin, Ada Banyak Peristiwa yang Terjadi di Seluruh Dunia
Jumat, 05 Januari 2024 - 15:24:40 WIB
TERKAIT:
   
 

(BABADNEWS) - Sepanjang 2023 kemarin, ada banyak peristiwa yang terjadi di seluruh dunia. Sebagian di antaranya adalah bencana alam yang menghancurkan rumah-rumah, merenggut nyawa, serta menimbulkan dampak-dampak lainnya.

Berikut adalah ringkasan sejumlah bencana alam di berbagai negara pada 2023, dikutip dari Fox News dan sumber-sumber lain. Sebagian bencana di antaranya sempat menjadi perbincangan di seluruh dunia.
Gempa Bumi di Turki dan Suriah (6 Februari 2023)

Gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter mengguncang Suriah dan Turki pada awal Februari. Serangkaian gempa susulan mengikuti gempa utama ini, merenggut nyawa sekitar 50.000 orang, terutama di wilayah Turki.


Melansir dari laman CNN World, gempa tersebut menjadi salah satu yang terkuat yang melanda wilayah tersebut dalam lebih dari 100 tahun. Diketahui, gempa tersebut berlangsung pada 23 kilometer timur Nurdagi, di provinsi Gaziantep Turki dengan kedalaman 24,1 kilometer.

Kejadian ini meluluhlantakkan ribuan bangunan dan memperburuk kondisi daerah yang sudah dilanda perang saudara selama 12 tahun di Suriah.

Badai hujan deras menyebabkan dua bendungan di Libya meluap dan mengarahkan banjir menuju Kota Derna di timur. Dampaknya sangat merugikan, memaksa sejumlah besar penduduk terbawa air ke laut.

Beberapa negara dan kelompok hak asasi manusia pada saat itu menawarkan bantuan ketika tim penyelamat berjuang untuk menemukan korban yang selamat di bawah puing-puing. Seperti dikatakan dalam CNN World, Komite Penyelamatan Internasional atau International Rescue Committee (IRC) sempat mengatakan negara tersebut menghadapi "krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya" setelah bencana tersebut.
Gempa Bumi Maroko (8 September 2023)

Gempa bumi dengan kekuatan 6,8 melanda Pegunungan Atlas di Maroko pada awal September, menewaskan sekitar 2.900 orang.

Pada hari Jumat setelah pukul 23.00 waktu setempat (18.00 ET), gempa bumi terjadi pada kedalaman 18,5 kilometer (11,4 mil), menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) sebagaimana yang dikutip dari laman CNN World.

Pusat gempa terletak sekitar 72 kilometer (44,7 mil) barat daya Marrakesh, sebuah kota dengan populasi sekitar 840.000 jiwa, yang merupakan destinasi wisata yang populer. Akibatnya, setidaknya 2.012 orang tewas dan 1.404 lainnya dalam kondisi kritis.


Pada awal Agustus, kebakaran hutan melanda pulau Maui di Hawaii, menghanguskan sebagian besar kota bersejarah Lahaina. Situasi ini mendorong warga untuk berlindung dengan melarikan diri ke laut guna menghindari meluasnya api.

Melansir dari laman CNN AS, diperkirakan terdapat 100 orang tewas dalam peristiwa ini. Dilaporkan bahwa sekitar 86% dari bangunan yang terdampak kebakaran merupakan pemukiman. Laporan tersebut juga mencatat bahwa sekitar 2.170 hektar lahan telah terbakar.
Topan di Idalia (26-31 Agustus 2023)

Tahun ini menyaksikan 20 badai di cekungan Atlantik, di mana tujuh di antaranya berkembang menjadi badai dan tiga di antaranya meningkat menjadi badai besar. Badai paling merusak adalah Topan Idalia, badai Kategori 3 yang melanda Pantai Teluk Florida, menyebabkan lebih dari 80% kerusakan musim ini.

Ini merupakan badai terkuat yang melanda wilayah Big Bend, persimpangan antara menjulur dan semenanjung, dalam lebih dari 125 tahun. Badai ini menyebabkan banjir di beberapa wilayah dan lebih dari 150.000 pelanggan di wilayah tenggara mengalami pemadaman listrik.


Sumber : Detik.com




 
Berita Lainnya :
  • Kampanye di Bukit Batu Bengkalis, Abdul Wahid Komit Membuat Jembatan Pakning Bengkalis
  • Jangan Jelekkan Paslon Lain di Pilkada 2024, Polda Riau Terus Intai Para Pelaku Black Campaign
  • Sejumlah Produk Jamu Bermerek Tawon Klanceng Disita BBPOM Pekanbaru
  • Rp1,4 T BKK Desa Sudah Disalurkan
  • 4.737 Pelamar CPNS Kampar Akan Ikuti CAT SKD, Diharapkan Hadir Satu Setengah Jam Sebelum Ujian
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Serikat Pekerja Indonesia Laporkan Dugaan Mal-administrasi Pegawai Disnaker Provinsi Riau ke Omdusme
    2 Bertemu Ketua KNPI Pekanbaru 2011-2014, M Yasir Peroleh Banyak Pelajaran BerKNPI
    3 Dilantik Ade Fitra, M Yasir Sah Jabat Ketua PK KNPI Binawidya 2021-2024
    4 Kades Tarai BangunĀ Andra Maistar Lantik Ketua RT dan RW Serentak
    5 Kejagung Periksa Pejabat KLHK, Dugaan Korupsi Oleh Pengelolaan Lahan Hutan di Inhu
    6 Bukit Raya Raih Penghargaan Sebagai Kecamatan Terinovatif 1 Tahun 2020
    7 Perbaikan Jalan di Kuansing Terus Digesa, Alat Berat Dikerahkan
    8 Tim Basket Putri SMA 1 Kampar Berhasil Melaju ke Babak Kedua, Usai Kalahkan SMA 1 Tandun
    9 Camat Sukajadi Rahma Ningsih Apresiasi Donor Darah Kedung Sari
    10 Ayat Cahyadi : Rencana Belajar Tatap Muka Tunggu Arahan Kemendikbud
     
    Otonomi | Pekanbaru | Rohil | Opini | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2020-2023 PT. BBMRiau Indo Pers